Mempersiapkan Diri


Mempersiapkan Diri untuk Kehidupan Abadi di Negeri Akhirat
Oleh: M. Fahmi

"Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan (QS. al-Qashash: 77)."

Sebagai umat muslim kita wajib meyakini dengan seutuh-utuhnya, bahwa kelak akan ada kehidupan selanjutnya setelah kehidupan di dunia, yaitu kehidupan di alam kubur dan kemudian kehidupan akhirat yang kekal. Al-Quran merupakan kalam Allah yang mutlak kebenarannya. Maka jangan pernah mendustakan ataupun membohongkan segala yang ada di dalamnya. Pesan demi pesan kebenaran yang disampaikan al-Quran menggunakan bahasa yang lugas dan sederhana, sehingga mudah dipelajari oleh semua khalayak. Diksinya lebih utuh dari sekadar syair. Pun tidak ada satu pun syair yang mampu menandingi keindahan bahasa al-Quran. Al-Quran lebih rasional dari logika sekalipun. Malah, logika yang sesungguhnya harus banyak belajar pada al-Quran. Sebab sekarang banyak logika yang nakal. Mempertanyakan segala keberadaan yang dianggap tidak masuk akal. Maka setiap muslim harus meyakini dengan keyakinan dan keteguhan yang sempurna, bahwa negeri akhirat itu kelak akan benar-benar ada dan terjadi. Agama adalah keyakinan dan keteguhan.

Di kehidupan zaman yang semakin canggih dan transparan ini, banyak manusia yang disibukkan oleh segala macamnya sehingga tidak lagi mempedulikan negeri masa depannya: akhirat. Bagi yang tidak percaya akan datangnya negeri akhirat, mereka akan mengatakan bahwa negeri akhirat hanyalah dongeng nenek moyang yang telah kadaluwarsa di zaman sekarang yang telah melesat dengan cepatnya, menembus dinding-dinding cerita yang berbau takhayul.

Apakah mereka berkata dengan pandangan sebelah mata, "dunia adalah nyata, akhirat hanyalah sebuah cerita masa lalu. Tidak baik tinggal dalam mimpi-mimpi..". Maka ungkapan logika yang rasional untuk menanggapinya ialah, "Saat ini, memang dunia adalah nyata, akhirat hanyalah sebuah cerita. Tetapi, setelah mati. Dunia hanyalah cerita masa lalu, sementara engkau akan melihat, bahwa akhirat menjadi nyata..!"

Pertanyaannya, apakah kita sudah benar-benar mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan esok di akhirat? Sampai detik ini, apa saja yang telah kita siapkan untuk negeri akhirat? Sudah cukupkah bekal kita? Tentu jawabannya ialah belum. Sayangnya kematian telah menjadi penasihat yang sering disia-siakan oleh manusia. Bahwa pemberi nasihat yang berbicara ialah al-Quran, sementara pemberi nasihat yang diam ialah kematian. Dalam surat al-jumu'ah ayat 8 Allah Swt. berfirman, "Katakanlah: Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, Maka Sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan". Tidak ada satu pun manusia yang mengetahui, kapan ajalnya akan datang. Kematian selalu datang tiba-tiba. Sehingga mulai detik ini juga, mulai hembusan nafas ini juga, kita harus mempersiapkan bekal untuk menuju negeri akhirat.

Negeri akhirat dengan segala perjalanannya menuju pintu gerbang Surga amatlah jauh, mungkin butuh puluhan ribu lebih tahun akhirat untuk menjalaninya. Semua catatan perjalanan manusia selama hidup di dunia akan diperiksa satu demi satu oleh para malaikat, tidak ada yang tersisa. Maka berbahagialah bagi mereka yang membawa bekal dan persiapan menuju kehidupan abadi di akhirat. Ibarat seseorang melakukan perjalanan jauh di suatu negeri lain, maka mau tidak mau ia harus mempersiapkan segala sesuatunya, dan tentunya tidak lupa untuk membawa bekal. Sehingga tidak ada pilihan misi lain lagi bagi manusia di muka bumi selain hanya mempersiapkan segala bekal untuk kehidupan esok di negeri akhirat dengan cara mengumpulkan kebaikan demi kebaikan di muka bumi ini, di sepanjang detak masa.

Sesungguhnya jika pahala dan dosa itu ditampakkan, niscaya manusia akan berlomba-lomba dalam mencari kebaikan. Tak akan lagi ada manusia yang bermain-main, bergurau, apalagi melakukan maksiat. Sayangnya, tentang pahala dan dosa itu menjadi rahasia ilahi, sehingga banyak manusia yang terlupa dan mengabaikannya. Siapa-siapa yang paling banyak menanam kebaikan, ia akan paling banyak memetik kebaikan pula di negeri akhirat kelak. Banyak cara untuk mengumpulkan kebaikan. Mulai dari kebaikan yang tak kasat mata sampai kebaikan yang kasat mata sekalipun. Kebaikan yang tak kasat mata seperti berdzikir dalam hati, sementara kebaikan yang kasat mata seperti berdakwah dan mengingatkan kepada sesama. Semua boleh dilakukan asalkan niatnya benar.

Ada pula kebaikan yang bisa terus mengalir sampai datangnya hari akhir, seperti shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang sholih-sholihah. Jika manusia mau membuka mata dan hatinya, maka akan terlihat di setiap ia memandang, kebaikan-kebaikan yang bisa dilakukan untuk kehidupan.

Masalahnya, sekarang orang banyak yang lupa membawa bekal untuk menuju negeri akhirat. Masih banyak orang yang bergurau dan pura-pura tidak tahu kabar tentang negeri akhirat. Kelak di akhirat, orang kafir akan berkata kepada tuhannya, "ya Allah, berilah kesempatan sekali lagi kepada kami, kembalikanlah kami ke dunia, niscaya kami akan beragama Islam dan beriman kepada-Mu.." Maka sekali-kali mereka tidak akan bisa kembali ke dunia, karena mereka sendiri yang tidak memenuhi janji. Sebab setiap manusia sesungguhnya telah berjanji kepada tuhannya di alam azali, membenarkan bahwa Allah Swt. adalah tuhannya, namun ketika dilahirkan di dunia mereka mengingkari janji. Orang juga banyak mengejar sesuatu yang mereka anggap bekal, namun sesungguhnya itu bukanlah bekal.

Sesungguhnya mereka telah mengerti dan berulang kali mendengar kebenaran, tapi entah mengapa, manusia di kebanyakan waktunya banyak yang terlupa. Kebenaran seperti hinggap sejenak di telinga dan kemudian menguap entah ke mana. Padahal jika saja manusia mengetahui, bahwa di setiap pekerjaan dan aktivitas jika diniatkan setulus ikhlas untuk mengabdi dan beribadah kepada Allah, maka di sepanjang waktunya tidak akan ada yang sia-sia. Segalanya akan menjadi kebaikan, kalau itu memang benar-benar kebaikan dan diniatkan setulus ikhlas untuk beribadah. Mudah bukan untuk mencari bekal itu?
Setiap manusia memiliki skill dan kapabilitas masing-masing yang berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang berprofesi menjadi kyai, ada yang menjadi tukang, sopir, pedagang, guru, siswa, petugas sampah, buruh, penulis, dan lain sebagainya. Semua itu telah menjadi hukum alam atau sunnatullah. Sehingga setiap pekerjaan yang baik dan bermanfaat itu mulia dan bisa mendatangkan pahala. Menjalankan segala aktivitas dunia jika benar-benar diniatkan untuk akhirat maka akan menjadi amal akhirat. Dan bisa jadi, terlihat amal akhirat tapi sesungguhnya itu adalah amal dunia. Maka janganlah kita memandang remah suatu pekerjaan yang terkesan bukan amal akhirat. Dan berhati-hatilah jika sedang menjalankan amal akhirat, jangan-jangan pekerjaan itu bukan karena Allah. Sesungguhnya segalanya bergantung pada kondisi hati dan niat seseorang. Sehingga mempersiapkan diri untuk kehidupan abadi di negeri akhirat dapat dilakukan dengan mudah oleh siapa saja yang mau.

Pahala begitu penting, sebab hanya pahala yang dapat menyelamatkan dan menjadi bekal kelak di hari datangnya akhirat. Namun demikian, tidak semua orang yang melakukan kebaikan mendapat pahala. Hanya orang yang beragama Islam yang akan mendapat pahala jika melakukan kebaikan.

Sementara orang non-Islam, sekalipun ia telah berbuat baik sebanyak apapun, kebaikannya tidak dapat diterima oleh Allah. Agama Islam adalah kebenaran, jangan pernah sekali-kali meragukan. Agama Islam ibarat sebuah wadah, sementara pahala ialah isinya. Akan menjadi percuma jika seseorang hanya punya isinya, sementara ia tak memiliki wadahnya. Maka berbahagialah orang yang telah memiliki wadah, terlebih isinya.

Melihat kembali ayat al-Qur'an surat al-Qashash ayat 77 di atas, "Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat..." Sehingga telah sedemikian jelas, bahwa negeri akhirat adalah kebahagiaan yang harus dicari dari apa-apa yang telah dianugerahkan oleh Allah kepada kita di dunia ini. Tentu kita senantiasa merasakan, bahwa anugerah itu tak pernah lepas menyelimuti setiap makhluk di muka bumi ini. Maka atas segala anugerah itu, hanya dengan bersyukur kepada Allah lah jalan yang terbaik, yaitu dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Kemudian lanjutan dari penggalan ayat tersebut, "dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi.." Bahwa segala apa yang telah diberikan oleh Allah dengan cuma-cuma kepada manusia di dunia ini ialah juga bagian dari anugerah. Kita harus melangkah gembira dengan melafadzkan syukur serta puji atas segala nikmat yang telah diberikan Allah. Jangan sampai kesibukanmu beribadah melupakan melihat dan membaca karya agung-Nya yang terhampar di jagat raya ini. Sehingga ada manusia yang diangkat menjadi wali karena khusyu' melihat dan memikirkan keagungan dan kebesaran Allah.

Jangan melupakan bagian kita dari kenikmatan dunia, maksudnya bahwa kita memiliki bagian nikmat, berupa kesehatan, kesempatan, dan lain sebagainya, sehingga kita harus memainkan peran sebagai khalifah fil ardh untuk menyemai segala kebaikan dan kebenaran di bumi, dan mempergunakan segala nikmat di dunia ini dengan sebaik dan sebijak mungkin, dan menggunakan dunia sebagai sarana untuk menuju kebahagiaan di negeri akhirat. Namun demikian, jangan sampai terlena oleh gemerlap dunia yang sesungguhnya menipu ini. Kita harus cerdas dalam membedakan mana pahala mana dosa, mana nikmat mana laknat.

"...dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.." Semoga kita senantiasa diberi kesempatan untuk terus mengumpulkan kebaikan di setiap masa, dan menghapus kesalahan-kesalahan dengan cara mengakhiri kesalahan dan bertaubat dengan sungguh-sungguh kepada Allah Swt., dzat Yang Maha menerima taubat setiap insan. Semoga esok kita dibangunkan dengan membawa bekal kebaikan-kebaikan jauh lebih banyak dari kesalahan, yang dengannya kita bisa sampai kepada ridho-Nya, yaitu surga dengan segala kenikmatannya. Aamiin..

Malang, 31 Januari 2017