Inginku


Aku ingin mengutarakanmu sebait pernyataan
Dengan segala pengakuan,
sendumu meleleh
Tetapi aku sedang tak bisa
Suaraku mendadak habis,
sukar mengeja namamu

Aku ingin membuatkanmu secarik surat
Bersama kalimatnya,
hatimu terhujani
Tapi lagi-lagi aku tak bisa
Tanganku lunglai,
sulit gerakkan pena

Aku ingin menggambarkanmu segores lukisan
Yang dengan melihatnya,
jiwamu menyiluet
Tapi apa daya
Catku membatu,
lama tak tersentuh

Aku ingin menyanyikanmu sebuah lagu
Yang dengan seruling,
iramaku belai kalbumu
Tetapi aku tak kuasa,
benar-benar tak kuasa
Tiupanku melemah,
tak buahkan nada

Aku ingin mengetukmu dengan segala
Namun mau bagaimana
Dengan melangkah pun,
aku rapuh
Aku rapuh

Mungkin Tuhan belum memperkenankanku,
Belum mengizinkanku
Mengungkapkan segala semua
Yang menyesakkan dada

Malang, April 2018.
Ahad Koma Berkarya