Usaha Mencintai Diri

Usaha Mencintai Diri
Di mana-mana. Di kantor, di mall, di pabrik, di pasar, bahkan di warung sekalipun. Orang-orang banyak yang lupa waktu. Selalu riuh, khawatir dengan urusan materi. Tak pernah mengkhawatirkan nasibnya yang sejati kelak. Lupa kepada apa yang seharusnya ia lakukan sebagai kewajiban, namun senantiasa menuntut haknya untuk sejahtera, di dunia. Terlalu berlebih-lebihan taat kepada atasan misalnya, hingga lupa taat kepada yang memberinya nafas. Orang-orang selalu diburu ketakutan kepada yang tidak semestinya. Orang-orang selalu bergegas dengan materi yang menyiksa dan memenjara, menyingkirkan siapa saja yang menghalang-halanginya, nyinyir mulutnya membicarakan celah orang lain, memasang topeng di wajah, memanipulasi, serta merekayasa tugas, rakus mencari kursi, saling cakar berebut benar, berpacu dengan waktu, melahap habis segenap nasfu dan ego, seolah-olah kebenaran sudah tidak zaman lagi. Lupa kepada yang tak pernah lepas mengawasinya. Lupa usia. Dan satu lagi, lupa mencintai diri sendiri.

Materi kini sudah kehilangan makna. Kehilangan ruh. Keruh. Dahaga aku dahaga. Tubuhku penuh debu. Semua yang tak lagi penting. Enyahlah dari jiwa. Aku ingin merdeka dari segala belenggu yang fana. Yang tak kekal. Yang tak membersamai.

Memulai lagi menyayangi diri sendiri dengan ketaatan dan keluguan. Betapa, ingin kutempuh lagi jalan sunyi itu. Jalan orang-orang yang suci dan tulus hatinya. Jalan para sufi, orang-orang kesayangan Tuhan. Yang tak lagi khawatir, takut, dan gundah lagi akan materi. Bantu aku kembali. Menemukan jalan sunyi, yang damai itu.


Gedongombo, 25.11.2018
#Ahad Koma Berkarya