Jalan Sunyi yang Terapung

Jalan Sunyi yang Terapung

Mutiara Hikmah Ustaz Abdul Somad

"Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, untuk Kami menguji mereka, siapakah di antaranya yang terbaik perbuatannya." Alquran surah Al-Kahf (18): 7.

Media sosial hari ini telah dipenuhi dengan foto-foto yang diikuti, disukai, dan dikomentari oleh banyak mata, hingga berujung pada chat yang tidak semestinya. Maka selagi foto-foto itu masih ada di setiap jejaring media sosial, dosa jariah itu akan senantiasa mengalir sekalipun ia telah mati, sepanjang setiap kali ada mata yang melihatnya.

Ada orang-orang yang bergetar hatinya manakala menerima kebenaran. Sebagian yang lain memilih benci, memandang sebelah mata, dan berdalih sebagai ekspresi diri. Padahal bukan demikian caranya.

Ada orang-orang yang memilih jalan yang sesak, penuh dengan kebisingan, lalu-lalang, dan juga gurauan orang-orang. Mereka memperlihatkan dan menjual apa yang seharusnya tidak boleh terlihat oleh mata orang lain. Kemudian tiba-tiba jalan itu menjadi retak. Terlalu banyak muatan orang-orang yang berkelakar di sana. Mereka pun terjatuh dan tenggelam ke dalam jurang yang tak tersebutkan namanya.

Ada pula orang-orang memilih menepi dari keramaian, tidak mengumbar dirinya, memilih jalan sunyi yang damai dan terapung, lalu membiarkan perahu membawa dirinya senantiasa pulang menuju Yang Abadi.

فَادْخُلِي فِي عِبَادِي

"Masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku." Alquran surah Al-Fajr (89): 29.

Betapa Allah mudah sekali cemburu. Ia pun rindu dan selalu mengajak manusia untuk benar-benar menjadi hamba-Nya, dan bukan menghamba pada ego, pada ke-Aku-an, pada berhala-berhala masa kini, dan pada segala selain-Nya.

Tidak ada salahnya kita senantiasa mengikuti ulama yang lebih berhati-hati. Jangan bersedih jika dianggap terlalu kaku. Tetaplah membagikan hal-hal yang baik. Mendiamkan kemungkaran adalah kejahatan. Lebih baik terasing daripada hidup dalam kemunafikan. Agama adalah keyakinan dan keteguhan.

Mei, 2019.
Mukhammad Fahmi.


قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Alquran surah an-Nur (24): 30-31.